Home » , » Cara Merawat Rambut di Rumah

Cara Merawat Rambut di Rumah

Cara Merawat Rambut di Rumah - Artikel ini boleh dibilang ada hubungannya dengan artikel Hijab (Jilbab) sebelumnya. Ya, bagi yang memakainya memang perlu memperhatikan keadaan rambut dikarenakan tertutup dan tidak terkena sinar matahari. Berikut ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memelihara kesehatan rambut :
1. Rambut Normal
Ambil secangkir bubuk Amla atau yang biasanya terdapat di toko toko kosmetik India. Tambahkan dua sendok makan minyak jarak dan satu telur, campurkan semuanya dan oleskan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit kemudian bersihkan dengan menggunakan shampoo. 
2. Rambut Kering
Campurkan multani mitti (campuran 2 sendok tepung, 1 sendok susu mentah, 6 tetes air jeruk nipis dengan beberapa tetes minyak zaitun) dan tambahkan dua sendok makan minyak kelapa dan kuning telur. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan selama setengah jam, setelah itu bersihkan dengan menggunakan shampoo.
Untuk Rambut kering, gunakan selalu kondisioner setelah keramas dan seringlah menggunakan air dingin untuk menjaga kelembaban rambut. 
3. Rambut Berminyak
Buatlah campuran dari satu cangkir bubuk henna dan satu sendok makan air jeruk nipis. Tambahkan satu putih telur. Oleskan campuran ini pada rambut, biarkan selama setengah jam dan kemudian bilas dengan sampoo.
Jangan mencuci rambut dengan menggunakan air panas karena dapat menyebabkan pengelupasan kulit kepala. Gunakan air hangat dan keramas satu hingga dua kali seminggu.
Sesekali juga boleh mengoles minyak zaitun pada rambut terutama di ujung dan tengah rambut. Tunggu sekitar dua jam baru kemudian dibilas dengan shampoo. 
4. Rambut Berketombe
Tambahkan satu sendok teh kapur barus dan setengah cangkir minyak kelapa. Simpan dalam wadah kaca dan pijat ke kulit kepala sebelum tidur.
Cara lain juga bisa mencampur satu jus lemon dengan dua sendok minyak kelapa. Pijat ke akar rambut secara teratur. Cuci dengan air hangat setelah tiga sampai empat jam atau biarkan semalaman, kemudian cuci bersih rambut dengan menggunakan shampoo.  
Untuk rambut berketombe, penggunaan shampoo dan kondisioner rambut dipakai secara terpisah. Kondisioner hanya digunakan pada ujung rambut selama 10 s/d 15 menit untuk mencegah rambut kering dan rontok.
5. Rambut Rontok
Memijat akar rambut dengan santan segar bisa bermanfaat dalam mengobati rambut rontok. Biarkan selama 15 s/d 20 menit dan dibilas, kemudian bersihkan dengan menggunakan shampoo.
Satu lagi yang perlu diperhatikan ialah untuk tidak mengikat rambut ketika tidur, ini berlaku bagi semua jenis rambut. Biarkan rambut ‘bernafas’ setelah seharian beraktivitas. Ikatan yang terlalu kuat akan menyebabkan helaian rambut tertarik dan akhirnya rontok.

Demikian artikel ini ditulis semoga dapat membantu para pembaca sekalian.

1 comments:

  1. I admire what you have done here. I love the part where you say you are doing this to give back but I would assume by all the comments that is working for you as well. Do you have any more info on this?
    adult free chat line
    free party chat line
    free adult online chat
    free online video chat with girls

    ReplyDelete

Yuk Baca. Powered by Blogger.