Home » , » Cara Membuat ( Memasak ) Ketupat

Cara Membuat ( Memasak ) Ketupat

Setelah sebelumnya kita belajar untuk membuat atau menganyam ketupat janur maka nggak afdol istilahnya kalau tidak sekalian berbagi sekedar tips untuk membuat atau memasak ketupat janur yang telah kita buat sebelumnya.


Untuk bahan bahannya kita siapkan dulu sebagai berikut :

  1. Beras 
  2. Air
  3. Ketupat Janur

Sebenarnya caranya hampir sama seperti membuat lontong atau menanak nasi, berikut ini caranya :

  • Rendam beras kurang lebih 30 menit ke dalam air.
  • Setelah proses merendam selesai, masukkan ke dalam ketupat janur sebanyak 3/4 dari besar ketupat janur. Ini karena beras akan mengembang dan memenuhi ruang kosong yang sudah disediakan.
  • Didihkan air di dalam panci yang besar agar semua bagian ketupat janur terendam seluruhnya, kemudian masukkan ketupat janur yang telah diisi beras ke dalamnya. Jika air sudah mulai berkurang, tambahkan lagi air hingga ketupatnya terendam.
  • Untuk melihat apakah ketupat telah matang sempurna, gunakan lidi atau garpu yang bersih dengan cara menusuk ketupat.
  • Setelah matang, angkat ketupat dan langsung siram dengan air dingin yang bersih kemudian gantung ketupat agar ketupat menjadi kering dan buang seluruh air bekas rebusan ketupat.


Ketupat ini cocoknya dimakan dengan opor ayam dan juga sambal krecek serta krupuk atau belinjo .... hmmmm. Nah sekian dulu artikel ini kami buat, selamat mencoba untuk membuatnya dan semoga beremanfaat bagi semua.

0 comments:

Post a Comment

Yuk Baca. Powered by Blogger.